Javascript anda tidak aktif!
Silahkan aktifkan javascript pada browser anda untuk mengakses website kami, atau ikuti timeline kami atau like halaman facebook kami.
  • Monthly Archives: March 2014

    SM IAGI UGM: “Pilihan Kerja Seorang Fresh-Graduated Geologist”

    SM IAGI UGMSM IAGI UGM pada 15 Maret 2014 lalu mengadakan Guest Lecture mendatangkan Pengurus Pusat IAGI yaitu Rakhmadi Avianto, yang merupakan Bendahara IAGI. Beliau memberikan materi presenteasi berjudul “Betapa Banyak Pilijan Job Geologist  Setelah Lulus”. Acara ini dihadiri kurang lebih 100-an mahasiswa Geologi dan Geofisika. Sayangnya acara tersebut berbarengan dengan acara kuliah lapangan sehingga peserta tidak membludak seperti yang semula diharapkan panitia (demikian kata Endah, seksi sibuk). Namun, antusiasme tinggi terpancara dari tingginya partisipasi dari para geosaintis muda dalam acara ini.

    Acara dipandu oleh presenter Endah dan Bramantio dari FTG dan sambutan pertama diberikan oleh Farma yg mewakili ketua HMTG UGM. Selanjutnya sambutan dan penguraian Organisasi di bawah SM IAGI UGM yg diberikan oleh Dicka Alan dari Geofiska dg jabatan sebagai Wakil Ketua. Dicka menerangkan dg rinci kegiatan di bawah SM IAGI lengkap dengan bagan organisasi layaknya sebuah perusahaan yang sudah Go Public. Ketua SM IAGI berhalangan hadir karena lagi kelapangan.

    Acara di mulai jam 08:30 tepat sesuai jadwal (salut akan ketepatan waktu ini!), dan berakhir jam 15:00. Banyak pertanyaan yg diajukan dari para geosaintis muda ini sehingga presenter dan Pak Ikhsan yg juga hadir sebagai senior dibanjiri dg berbagai pertanyaan oleh hadirin. Dalam materinya Kaji Avi (begitu Pak Avianto akrab dipanggil) menguraikan dunia E&P (eksplorasi dan produksi) migas, batubara, emas, dan beberapa jasa pendukung (service companies) lainnya.

    SM IAGI UGMSM IAGI UGM SM IAGI UGM SM IAGI UGM Ki-ka: MC (Endah & Tio) membuka acara; Antusiasme peserta untuk bertanya; Sambutan Pengurus HMTG UGM; Momento untuk presenter

    Pengurus Pusat IAGI, dalam hal ini, mengucapkan banyak terima kasih atas usaha geosaintis muda dalam melakukan persiapan pertemuan pertama SM-IAGI –UGM dengan PP  IAGI yg berjalan dg lancar dan sukses.

    Bravo SM-IAGI- UGM!

    MGEI Goes to Universitas Negeri Gorontalo (1-2 Maret 2014)

    Workshop, 1 Maret 2014

    Acara workshop ini dibuka oleh panitia pada pukul 09.30 wita, dimulai dengan kalam ilahi dan menyanyikan lagu Indonesia Raya (Gambar 1) oleh seluruh peserta workshop. Dilanjutkan dengan sambutan pertama dari; Prof. Dr. Evi Hulukati, M.Pd (Dekan F.MIPA UNG), kemudian sambutan oleh Dr. Nurcahyo I Basuki (perwakilan MGEI) yang kebetulan 3 hari sebelum acara ini beliau memberikan pembekalan Petrologi untuk kuliah lapangan kami di Karangsambung 21 Maret 2014 nanti. Kemudian acara ini dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Sarson Pomalato, M.Pd (PR 1 UNG – Gambar 2). Beliau memberikan apresiasi tinggi kepada pihak IAGI, MGEI, J-Resources dan PT. Gorontalo Minerals yang sudah membatu HMTG UNG untuk mengadakan kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Semoga hubungan antara praktisi, akademisi dan perusahaan terkait akan terus berlanjut dalam kolaborasi yang dinamis.

    MGEI GTC UNG 2014MGEI GTC UNG 2014MGEI GTC UNG 2014MGEI GTC UNG 2014 Gambar 1-4 Suasana Workshop dalam rangkaian MGEI Goes to Universitas Negeri Gorontalo

    Acara pembukaan workshop ini ditutup dengan menyaksikan video profil Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia dan dilanjutkan dengan penyerahan plakat oleh Prof. Dr. Sarson Pomalato, M.Pd kepada MGEI yang di wakili oleh Dr. Nurcahyo I Basuki.

    Pukul 13.00 Wita

    Pemaparan pertama oleh Stj. Budi Santoso (General Manager – JResources) dengan judul “A Brief Introduction to Porphyry Copper Deposits” yang dimoderatori oleh dosen geologi UNG, Muh. Kasim M.T. Pemaparan berlangsung secara interaktif antara pemateri dengan peserta workshop. Hal-hal yang dibahas dalam kuliah ini berupa; Intrusive System & Magma Source, Hydrothermal System, Associated and Related Deposits, dan Recognizable features in the field, selama kurang lebih 45 menit dan 15 menit sesi tanya jawab.

     

    Pukul 14.00 Wita

    Pemaparan kedua oleh P. Widji Pramadjati (Senior Geologist dan KTT – PT. Gorontalo Sejahtera Mining) dengan judul “Pani Prospek: Geologi, Alterasi dan Mineralisasi” suasana berlangsung sangat hangat dan akrab, peserta pun serius menyimak penjelasan dari pemateri. Sesi tanya jawab berlangsung disetiap akhir sub-topik bahasan. Pak Widji pun menyajikannya dengan cara interaktif. Hal-hal yang dibahas adalah; Geologi dan Tektonik Regional Lengan Utara Sulawesi, Anomali Geokimia, Alterasi Mineralisasi dan Pemodelan Struktur Gunung Pani.

    Pak Widji menjelaskan bahwa daerah Pani tersusun atas batuan lelehan gunungapi berkomposisi mineralogi felsik berumur pliosen, batuan klastika gunungapi dan batuan terobosan dekat permukaan serta retas – retas batuan gunungapi lainnya serta pertautan sistem – sistem kubah-diatrema di sekitarnya. Terakomodasikan sepanjang bentukan rezim regangan (pada batuan dasar) berarah relaif Timur – Barat yang terbentuk pada pusat sebuah blok pasangan sesar-sesar (Barat Laut – Tenggara)  sebagai produk tegasan terputar pada batuan dasar berumur Miosen.

    Mineralisasi umum dicirikan dengan bentukan zona – zona penguratan halus mineral kuarsa tak terorientasi baik dan pengisisan rekahan sampai zona stokwork dari mineral – mineral kalsedon – kuarsa – adularia pada batuan riodasit porfiri.

    Penguratan pada breksi-kerutan tepian kubah gunungapi dicirikan umumnya dengan jenis pengersikan sepenuh maupun secara terpilih pada massa dasarnya (matriks).

    Tekstur ‘vuggy’ umumnya tampak pada bagian batuan yang terubah secara kuat dimana fragmen (clast) sering telah mengalami ‘leaching’ yang intensif  dengan bertumbuhnya kristal – kristal mineral kuarsa (bertekstur dog-tooth) dan kadang juga terdapat mineral adularia.

    Pemaparan ini berlangsung selama 60 menit.

     

    Pukul 15.00 Wita

    Pemaparan ketiga oleh Alif Beny (Savety-Environment Engineer – PT. Gorontalo Minerals) dengn judul “Pengelolaan Lingkungan Pertambangan”. Hal-hal yang dibahas pada sesi ini meliputi: Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Hasil Rona Awal Daerah Bone Bolango, dan Reklamasi pasca kegiatan penambangan (Gambar 3). Yang berlangsung selama 45 menit dan 15 menit sesi tanya jawab.

     

    Pukul 16.00 Wita

    Pemaparan terakhir oleh Stj. Budi Santoso (General Manager – JResources) dengan judul “IOCG (Iron Oxide Copper Gold Deposits) yang berlangsung tidak kalah serunya dengan pemaparan-pemaparan sebelumnya. Hal-hal penting yang dibahas: Characteristic of IOCG System, Tectonic Setting IOCG, Alteration Zoning Related to Typical Fe-oxide Cu-Au ±REE / U Deposits, Alternative Models based on Principal Fluid Sources, Depositional Conditions of IOCG Deposits, dan Synopsis of Alternative Genetic Models IOCG. Meskipun topik ini merupakan hal yang baru untuk kebanyakan peserta workshop, peserta tetap antusias mendengarkan paparan dari pemateri. Ini menambah pengetahuan baru khususnya untuk Mahasiswa Teknik Geologi UNG.

     

    Kegiatan workshop diakhiri dengan penyerahan plakat kepada para pemateri (Gambar 4) dan foto bersama.

     

    Ekskursi, 2 Maret 2014

    Seluruh peserta berkumpul di kampus Universitas Negeri Gorontalo pada pukul 07.30 wita. Kami berangkat ke lokasi pertambangan PT. Gorontalo Sejahtera Mining, Marisa, Kapupaten Pohuwato, dengan menggunakan 2 unit bus (Gambar 5) yang berkapasitas 25 orang per unit dan 1 unit mobil kecil untuk dosen-dosen dan sebagian panitia.

    Setelah menempuh ±4 jam kami tiba di Marisa pada pukul 11.30 wita dan disambut oleh tim dari PT. Gorontalo Sejahtera Mining (Gambar 6). Kemudian kami melanjutkan perjalanan ke lokasi Pani Basecamp di tempuh ±30 menit dengan melewati medan yang cukup menantang dari menyeberangi sungai sampai melewati tanjakan dan turunan yang licin dan berbatu.

    Sampailah kami di Pani Basecamp, dilanjutkan dengan acara makan siang (Gambar 7) dan sholat dzuhur.

     

    Pukul 13.20 wita

    Kami menerima paparan tentang K3, dan tata tertib yang berlaku di Pani Basecamp oleh Bapak Broto (Savety-Environment – PT. GSM) selama 40 menit (Gambar 8).

    MGEI GTC UNG 2014MGEI GTC UNG 2014MGEI GTC UNG 2014MGEI GTC UNG 2014 Gambar 5-8 Suasana perjalanan dan setibanya di Area PT Gorontalo Sejahtera Mining, Gunung Pani

    Pukul 14.00 wita

    Kami diarahkan ke lokasi coreshed untuk menerima pemaparan tentang kegiatan Eksplorasi PT. GSM di Gunung Pani yang dibawakan oleh Muhamad taufik (Geologist – PT. GSM). Suasana akrab dan hangat terjalin antara peserta ekskursi dengan pemateri. Seperti biasa, para peserta antusias dalam menyimak pemaparan tersebut. Hal ini dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta kepada pemateri tentang Alterasi dan Mineralisasi  Gunung Pani. Pemaparan ini berlangsung selama 45 menit dan 15 menit sesi tanya jawab (Gambar 9).

     

    Pukul 15.00 wita

    Peserta ekskursi diarahkan untuk melihat core hasil pengeboran yang sudah dilakukan oleh PT. GSM. Kami dibimbing oleh 4 orang geologist termasuk Bapak P. Widji Pramadjati. Kami ditunjukan contoh-contoh batuan serta penjelasan singkat tentang: breksi-diatreme, riodasit, stokwork, alterasi argilik, contoh batuan yang bertekstur vuggy, dan “dog tooth” quartz (Gambar 10). Selama ±60 menit.

     

    Pukul 16.00 wita
    Kegiatan ekskursi diakhiri dengan acara penyampaian pesan dan kesan dari PT. GSM dan peserta. Dilanjutkan dengan penyerahan momento dari pihak HMTG UNG yang diwakili oleh Bapak Muh. Kasim, M.T ke pihak JResources yang diwakili oleh bapak P. Widji Pramadjati (Gambar 11).

    MGEI GTC UNG 2014MGEI GTC UNG 2014MGEI GTC UNG 2014MGEI GTC UNG 2014 Gambar 9-12 Aktivitas Ekskursi di lokasi core shed PT Gorontalo Sejahtera Mining

    Pukul 16.30 wita

    Seluruh peserta ekskursi bertolak ke Kota Gorontalo, dan tiba di kampus UNG pada pukul 22.00 wita.

    Syukur Alhamdulillah seluruh rangkaian acara MGEI Goes To Campus – Universitas Negeri Gorontalo 2014 ini telah terlaksana tanpa ada kendala yang berarti. Semoga ilmu dan pengalaman yang diberikan kepada kami dapat melekat dan membawa semangat positif untuk lebih mengasa ilmu pengetahun dan skill sebagai Generasi Muda Geologist Indonesia.

     

    Untuk kami kami HMTG UNG mengucapkan banyak terimakasih kepada :

    1. Ketua dan Sekjen MGEI – Bronto Sutopo dan Arif Zardi
    2. Pimpinan J-Resources – Adi Maryono, Iip Hardjana dan Budi Santoso
    3. Pimpinan PT. GSM – P. Widji Pramadjati
    4. Pimpinan PT. GM – Dedy Hendrawan, Subehan Achmad dan Didik Handoko
    5. Pemateri Workshop & Ekskursi – Broto (PT. GSM), Alif Beny (PT. GM), Muhamad (PT. GSM)
    6. Gayuh N. D. Putranto (PT. GM) – yang selama ini membimbing kami dari awal perencanaan sampai kegiatan ini berakhir.
    7. Seluruh karyawan PT. GSM

     

    Terimakasih juga kepada media partner kami :

    1. Jambura-online.com
    2. Radar Gorontalo (Gambar 13)
    3. Radio Republik Indonesia – Gorontalo

     Radar Gorontalo_editKoran Gorontalo Post edisi 5 Maret 2014 memuat kegiatan MGEI Goes to UNG ini

    Foto-foto kegiatan dapat dilihat disini http://goo.gl/tVbNlb

    Operation Geology and CBM Workshop in 15th – 17th April 2014, Lombok

    Dear Mr/Mrs,

    Biro Kursus IAGI (Indonesian Association of Geologists) has arranged a  workshop in April 2014.  Workshop will be held at The Santosa Hotel and Resort Lombok  , Indonesia. There are 2 courses  for this occasion.

    Course

    Date

    Instructor

    CBM Reservoir Engineering, Drilling and Completion : From Exploration to Production, the Technical Challenges April, 15th-17th Dr. Alan A Bayrak.
    Operations Geology : Applied Concepts on Exploration Wells April, 15th-17th Made D. Sulitra

    Course Overview :

    1.      CBM Reservoir Engineering, Drilling and Completion : From Exploration to Production, the Technical Challenges

    This course is designed to assist individuals throughout the coal and petroleum industries understand Coal Seam Gas (CBM). This workshop will cover the entire CBM project spectrum especially in engineering aspect from exploration to production. The workshop will cover  CBM reservoir properties, reservoir engineering for CBM, production and  completion methods, exploration drilling fundamentals, pilot program, directional drilling, managed pressured drilling and production from directional drilling.

    2.      Operations Geology : Applied Concepts on Exploration Wells

    In  a  typical Exploration Campaign, Exploration Geologists  identify  and  assess  the  location, quantity  and quality of HC reserves;  ascertain  extraction  risks  analysis;  prepare  reports  and  maps;  analyze  geological  data  using  multi  skills applications;    and  advise    technical    and  engineering  team  up  to    upper   managerial    level,    based  on    technical recommendation.   In addition to these responsibilities,   Operations   Geologists also requires the ability to communicate adequately   as an integral part of the team, along with   Drilling Engineer and Operations to drill exploration well in a safer, efficient, and successful manner, aligned with  its exploration goal.

    Register now!

    For further information regarding IAGI Workshop 2014 :

    Please do not hesitate to contact :
    Biro Kursus IAGI : 62 8156 200 197 (email :birokursus.iagi2@gmail.com)

    You can see the annual program 2014 by IAGI at www.iagi.org.id/kursus/