Javascript anda tidak aktif!
Silahkan aktifkan javascript pada browser anda untuk mengakses website kami, atau ikuti timeline kami atau like halaman facebook kami.
  • Monthly Archives: December 2014

    BEI Sepakati Kerja Sama Pengembangan Industri Minerba Melalui Pasar Modal

    PRESS RELEASE
    PR No: 022/BEI.SPR/12-2014


    11 Desember 2014

    Menjelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di awal 2015 mendatang, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) terus mempersiapkan diri untuk meningkatkan daya saing di tingkat regional. Salah satu aspek yang terus dipersiapkan BEI adalah aspek pasokan (supply) yakni melalui peningkatan kualitas emiten, serta penambahan jumlah Emiten dan Calon Emiten, khususnya yang bergerak di bidang pertambangan mineral dan batubara. Setelah sebelumnya BEI menerbitkan dan memberlakukan Peraturan Nomor I-A.1. tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas selain Saham yang diterbitkan oleh Perusahaan Tercatat di bidang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba) pada 1 November 2014 lalu, saat ini BEI menjalin hubungan kerja sama dengan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) dan Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI) untuk mengembangkan industri pertambangan mineral dan batubara di pasar modal Indonesia.

    Peresmian kerja sama tersebut dilakukan pada Kamis, 11 Desember 2014 di Gedung Bursa Efek Indonesia dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Antara BEI dengan IAGI dan PERHAPI oleh Direktur Utama BEI Ito Warsito, Ketua Umum IAGI Sukmandaru Prihatmoko, dan Ketua Umum PERHAPI Budi Sulistianto. Kerja sama ini merupakan kelanjutan dari kolaborasi yang telah dilakukan sebelumnya antara BEI dengan IAGI dan PERHAPI, di antaranya dalam penyusunan rancangan Peraturan Nomor I-A.1. Sebelumnya, para ahli dari IAGI dan PERHAPI telah memberikan masukan kepada BEI terkait konsep peraturan tersebut.

    IAGI dan PERHAPI merupakan organisasi profesi yang mewadahi para ahli di bidang geologi dan pertambangan di Indonesia. Dengan adanya kerja sama tersebut, BEI berharap IAGI dan PERHAPI dapat membantu dalam menjamin kredibilitas Pihak Kompeten yang memberikan jasa profesionalnya kepada Perusahaan Tercatat maupun Calon Perusahaan Tercatat sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Nomor I-A.1. Ekspektasi lainnya adalah mendukung BEI dalam pelaksanaan kegiatan evaluasi dan monitoring terhadap Perusahaan Tercatat maupun Calon Perusahaan Tercatat.

    Di dalam Peraturan Nomor I-A.1. telah dijabarkan mengenai pentingnya peran dari Pihak Kompeten dalam proses Pencatatan selaku pihak independen yang terdaftar di organisasi profesi di bidang pertambangan dan atau geologi, yang menjalankan keahliannya berdasarkan suatu standar yang ditetapkan oleh instansi yang berwenang atau yang diterbitkan oleh organisasi profesi baik lokal maupun asing. Dengan diresmikannya kerja sama antara BEI dengan IAGI dan PERHAPI, diharapkan dapat mempercepat peningkatan kualitas dan kuantitas Perusahaan Tercatat bidang pertambangan mineral, dan batubara serta pertumbuhan jumlah investor yang akan berpartisipasi di pasar modal Indonesia.

    Demikian untuk diketahui publik.

    SEKRETARIS PERUSAHAAN
    PT BURSA EFEK INDONESIA
    KONTAK MEDIA: IRMAWATI AMRAN
    NO. TELP: 021- 5150515 Ext. 4300
    FAX: 021- 5150330
    EMAIL: callcenter@idx.co.id

     

    penandatanganan perjanjian kerja sama antara BEI dengan IAGI dan PERHAPI

    Sumber: website resmi Indonesia Stock Exchange (diakses 17 Desember 2014)

    SM IAGI UNG: Surface Exploration for Geothermal Resources | Course & Excursion

    Pada 1 dan 2 Desember 2014, SM-IAGI UNG mengadakan kegiatan Course & Excursion dengan tema “Surface Exploration for Geothermal Resources”. Topik geothermal sendiri menjadi topik wajib tahunan untuk setiap SM seluruh Indonesia. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa tentang energi alternatif dan ramah lingkungan ini, dari mana energy ini berasal, seberapa besar pontensi geothermal di Indonesia dan untuk mengetahui gambaran singkat tentang explorasi geothermal.

    Dalam kesempatan ini SM IAGI UNG menghadirkan 2 pemateri yaitu, M. Yustin Kamah – Senior Advisor New Energy and Green Technology PT. Pertamina Geothermal Energy, dan Dr. Eng. Hendra Riogilang, M.T – Ketua Pengurus Daerah IAGI SULUT-Gorontalo.

    Course, 1 Desember 2014

    Pada pukul 09.00 wita, acara dimulai dengan kalam ilahi dan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta. Dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia oleh Tober Mardain, serta sambutan sekaligus membuka acara secara resmi oleh Prof Dr. Sarson Pomalato, M.Pd (PR 1 UNG). Beliau menghaturkan bahwa topik yang diangkat dalam kegiatan ini sangat pas dengan kondisi harga BBM yang terus meningkat. Besar harapan, dengan dibekali ilmu pengetahuan kelak nanti ada mahasiswa Teknik Geologi UNG yang bekerja di sektor geothermal, menjadi pemegang tongkat estafet dari senior-seniornya dalam memajukan industri Geothermal Indonesia.

    Selanjutnya adalah pelantikan pengurus SM-IAGI UNG 2014-2015 oleh Dr. Eng. Hendra Riogilang, M.T dengan secara simbolis memberikan plakat kepada Ketua Umum – Tober Mardain.

    Pukul 10.00 wita – Pemaparan pertama oleh M. Yustin Kamah (PT. Pertamina Geothermal Energy) dengan judul GGG&R FOR GEOTHERMAL RESOURCES. Hal-hal yang dibahas adalah Geothermal Over View as A Basic Knowledges, Pengelolaan Energi Geothemal Di Indonesia, Konsep Dasar Geothermal, Geothermal Exploration Stages (Geologi Eksplorasi, Geokimia Eksplorasi, Geofisika Eksplorasi, Wells Drilling Prognosis, Borehole GGGR, Reservoir – Development, Produksi), dan Geothermal Energy Benefits.

    Pemaparan “GGGR For Geothermal Resources” oleh M. Yustin Kamah

    Beliau mengatakan bahwa, Lengan Utara Sulawesi diapit oleh dua tunjaman (yaitu; tunjaman lempeng Philipine dari sebelah utara dan lempeng laut Molucca di sebelah timur) hal tersebut mangakibatkan adanya jajaran gunungapi dari mulai Kotamobagu sampai Kep. Sangihe, – juga yang mengakibatkan adanya patahan- patahan sebagai kontrol dari titik-titik panas bumi yang tersebar di Lengan Utara Sulawesi.

    Tercatat ada 7 titik panas bumi yang 2 diantaranya berada di wilayah Gorontalo (Pentadio dan Suwawa – sumber daya 75 MW spekulatif dan cadangan 110 MW terduga). 1 titik berada di Bolaang Mongondow (Kotamobagu – sedang dieksplorasi, cadangan 185 MW terduga). Dan 2 titik berstatus produksi adalah Lahendong – Tompaso, dengan cadangan 250 MW terbukti.

    Sesi ini berlangsung ± 90 menit dan 30 menit tanya jawab.

    Pukul 13.30 wita – Pemaparan kedua oleh Dr. Eng. Hendra Riogilang, M.T dengan judul THE PROMISING RESOURCE POTENTIAL OF GEOTHERMAL FIELD IN INDONESIA. Hal-hal yang dibahas adalah; Geothermal Energy, Geothermal Resources, Plate Tectonic Structures And Active Volcanic Arcs In Indonesia, Potential Of Geothermal Field In North Sulawesi, Hydrothermal System With Close Volcanic-Magmatic Associations, Types Of Geothermal Power Plans, Kotamobagu Geothermal Field.

    Sesi ini berlangsung ± 90 menit dan 15 menit tanya jawab.

    Excursion, 2 Desember 2014

    Pukul 08.00 wita – Seluruh peserta berkumpul di kampus Universitas Negeri Gorontalo. Lalu peserta berangkat ke lokasi panas bumi di Desa Pancuran, Kec. Suwawa Selatan, Bone Bolango, dengan menggunakan 1 unit bus dan 1 unit mobil kecil. Dalam waktu tempuh ± 40 menit peserta sampai di lokasi tersebut.

    Hujan gerimis pada pagi itu tidak menurunkan niat peserta untuk menerima pamaparan dari Pak Hendra. Beliau menjelaskan tentang data-data umum apa saja yang perlu di rekam saat observasi manifestasi permukaan geothermal, seperti; data lokasi, pengukuran pH air, pengukuran suhu permukaan air menggunakan termometer batang dan temometer infrared, cara pengambilan sampel air, data mineral alterasi panas bumi, penjelasan tentang fumarole/solfatar, hot spring, mud pool, steaming ground, dll.

    Peserta ekskursi saat menerima penjelasan dari pemateri.

    Peserta ekskursi saat menerima penjelasan dari pemateri.

    Menurut penjelasan beliau, lokasi mata air panas yang kita kunjungi ini tergolong Low Enthalpy, pemanfaatannya secara direct use, seperti; untuk rileksasi/terapi, untuk peternakan ikan, untuk mempercepat pertumbuhan sayur dan buah, serta untuk memanaskan ruangan (umumnya di negara-negara yang memiliki 4 musim).

    Foto bersama setelah kegiatan ekskursi selesai.

    Suasana kegiatan di lapangan terbilang santai, akrab dan interaktif. Perserta mengajukan pertanyaan disela- sela penjelasan Pak Hendra. Kebanyakan dari peserta ekskursi ini adalah mahasiswa Teknik Geologi tingkat 1 dan 2. Pada pukul 11.30 wita kami kembali ke kampus UNG, dan selanjutnya ISOMA.

    Pukul 13.00 wita – peserta berkumpul untuk menerima review kegiatan lapangan. Dilanjutkan dengan penutupan kegiatan, penyampaian pesan dan kesan, pemberian momento, dan foto bersama.

    Ucapan puji syukur mengiringi selesainya seluruh rangkaian kegiatan Course & Excursion “Surface Exploration for Geothermal Resources” ini. Semoga ilmu dan pengalaman yang diberikan kepada para peserta dapat melekat dan membawa semangat positif.

    Untuk itu segenap pengurus SM-IAGI UNG mengucapkan terimakasih kepada :

    1. Ketua Umum & Sekjen IAGI – Sukmandaru Prihatmoko & Shinta Damayanti
    2. Pimpinan PT. Pertamina Geothermal Energy – Sigit Rahardjo dan M. Yustin Kamah
    3. Ketua Pengda IAGI Sulut-Gorontalo – Dr. Eng. Hendra Riogilang, M.T
    4. Kajur Ilmu dan Teknologi Kebumian UNG – Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd
    5. Pembimbing Profesional SM-IAGI UNG – Gayuh N. D. Putranto

    Juga untuk media partner:

    1. Jambura-online.com
    2. Radar Gorontalo

    Radar Gorontalo meliput kegiatan ini