Javascript anda tidak aktif!
Silahkan aktifkan javascript pada browser anda untuk mengakses website kami, atau ikuti timeline kami atau like halaman facebook kami.
    • Yogyakarta, FGMI – November 2017 Forum Geosaintis Muda Indonesia (FGMI) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) sukses mengadakan acara Geostudent Competition(GEOSC) dan Seminar bertempat di Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 17 Perwakilan SM-IAGI dari berbagai Universitas di Indonesia, mulai Universitas Syiah Kuala Aceh hingga Universitas Hasanudin Makasar. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dimulai dari tanggal 2 dan berakhir tanggal 4 November 2017.

      Kegiatan hari pertama dimulai dengan acara pembukaan oleh Arif Zardi Dahlius, Ketua MGEI, mewakili Ketua Umum PP IAGI, Sukmandaru Prihatmoko, yang berhalangan. Hadir dalam dalam acara ini, Dekan Fakultas Teknologi Mineral, Bapak Suharsono, Ketua Jurusan Teknik Geologi UPN, Fitri, Ketua FGMI, Nurcholis, Ketua Panitia, Syukron Ady dan seluruh peserta. Dilanjutkan dengan perlombaan yaitu Geoteknik untuk mitigasi bencana, Geothermal, Log analysis, Petrologi, Presentasi poster geowisata dan soal wawasan geosaintis.

      Hari kedua diadakan seminar nasional Perkembangan dan Tantangan Bisnis Geowisata di Indonesia yang dibawakan oleh Dr. Heryadi Rachmat (Badan Geologi/ Wakil ketua Masyarakat Geowisata Indonesia (MAGI), Reza Permadi (Sekjen MAGI) dan seniman Satriagama Rakantaseta dengan moderator Nurcholis (ketua FGMI). Dilanjutkan dengan Seminar Geothermal “Perkembangan Geothermal di Indonesia, Tantangan dan Peluang ke depan Bagi Geosaintis Muda” seminar ini dibawakan oleh Ir. Yunus Saefulhak, M.M, M.T. (Direktur Panas Bumi EBTKE, Kementrian ESDM) dengan moderator Hafiz Hamdalah (Pusat Studi Mineral dan Energi (PSME) UPNV Yogyakarta). Yunus menjelaskan perkembangan geothermal di Indonesia. Saat ini sudah terpasang Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) dengan kapasitas sebesar 1.808,5 MW dengan target tambahan 265 MW selesai pada tahun 2018. Apabila berhasil maka kapasitas terpasang PLTP menjadi 2.103,5 MW. Dengan demikian akan melampaui kapasitas PLTP Filipina. Sebagai informasi Filipina adalah peringkat 2 kapasitas PLTP dunia di bawah Amerika Serikat.

      Pada malam hari dilanjutkan dengan acara pengumuman juara Student Competition. Tampil sebagai juara pertama dari ITB (Institut Teknologi Bandung) Bandung, kemudian juara kedua UNDIP (Universitas Diponegoro) Semarang dan juara ketiga UPN (Universitas Pembangunan Nasional) “Veteran” Yogyakarta sebagai juara ketiga. Penyerahan hadiah dilakukan oleh Bapak Dr. Heryadi Rachmat.

      Hari ketiga sebagai hari terakhir diisi dengan Fieldtrip Geoheritage. Para peserta diajak untuk berkeliling di area Yogyakarta hingga Bayat, Klaten sambil mempelajari warisan geologi yang menceritakan proses terjadinya pulau Jawa dengan narasumber Dr. Ir. C Prasetyadi M.Sc. (Koordinator Prodi Magister Teknik Geologi (MTG) UPN Yogyakarta).

      Ditulis oleh Nurcholis – Ketua FGMI

      Editor: DM

      geosc2017 ft8

      Arif Zardi Dahlius membunyikan gong tanda dimulainya Geostudent Competition disaksikan oleh Nurcholis (kanan) dan Syukron Ady

      geosc2017 ft9

      Kata sambutan pembukaan oleh Arif Zardi Dahlius (kiri)

      geosc2017 ft6

      Salah satu kelompok peserta lomba sedang beraksi

      geosc2017 ft3

      Foto Bersama para pemenang

      geosc2017 ft10

      Dr. Heryadi Rahmad (depan) sedang mempresentasikan Perkembangan dan Tantangan Bisnis Geowisata di Indonesia disaksikan oleh Nurcholis (kanan) dan Satriagama Rakantaseta (kedua dari kanan)

      geosc2017 ft1
      Foto bersama setelah seminar Perkembangan dan Tantangan Bisnis Geowisata di Indonesia

      geosc2017 ft12
      Ir. Yunus Saefulhak, M.M, M.T. (kanan) sedang mempresentasikan “Perkembangan Geothermal di Indonesia, Tantangan dan Peluang ke depan Bagi Geosaintis Muda” disaksikan oleh Hafiz Hamdalah (kiri)

      geosc2017 ft13
      Peserta seminar Perkembangan Geothermal di Indonesia, Tantangan dan Peluang ke depan Bagi Geosaintis Muda

      geosc2017 ft14
      Penyerahan plakat kepada Ir. Yunus Saefulhak, M.M, M.T. sebagain narasumber oleh Nurcholis

      geosc2017 ft2
      Foto Bersama peserta dan Narasumber setelah seminar Perkembangan Geothermal di Indonesia, Tantangan dan Peluang ke depan Bagi Geosaintis Muda

      geosc2017 ft15
      Dr. Ir. C Prasetyadi M.Sc. sedang menjelaskan proses terjadinya P. Jawa dalam acara Geoheritage

      geosc2017 ft17
      Foto bersama peserta Geoheritage

      geosc2017 ft16
      Pemberian plakat oleh Dr. Ir. C Prasetyadi M.Sc. sebagai narasumber oleh Nurcholis

      geosc2017 ft18
      Foto bersama peserta Geoheritage

      geosc2017 ft4
      Stop site 1 (Tebing Breksi) Fieldtrip geoheritage

      geosc2017 ft5
      Foto Bersama seluruh peserta dan panitia GEOSC 2017

      Kami persembahkan GEOSTUDENT COMPETITION 2017! Yogyakarta, 2-4 November 2017! 🎊🎊🎉🎉

      A post shared by FGMI_Indonesia (@fgmi_indo) on

      Comments

      comments