Javascript anda tidak aktif!
Silahkan aktifkan javascript pada browser anda untuk mengakses website kami, atau ikuti timeline kami atau like halaman facebook kami.
    • Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia (MGEI) sebagai salah satu anak organisasi IAGI yang bergelut di bidang mineral telah berhasil menyelenggarakan konvensi rutin yang ke-10 kalinya dengan bertajuk MGEI 10TH ANNUAL CONVENTION dengan tema THE SOUTHWEST PACIFIC RESOURCES: HOW INDONESIA SHOULD PLAY A PIVOTAL ROLE. Tema ini membangkitkan gairah eksplorasi secara internasional. Acara berlangsung pada tanggal 2-6 Desember 2018 di The Rinra Hotel, Makassar, Sulawesi Selatan. Rangkaian kegiatan diawali oleh pre-convention events berupa 2 buah workshop pada tanggal 2-4 Desember 2018, Annual Convention pada tanggal 5-6 Desember 2018 dan post-convention field trip.

      MGEI 10TH ANNUAL CONVENTION dibuka pada 5 Desember 2018 secara resmi oleh perwakilan Badan Geologi, Muhammad Awaludin. Pembukaan dihadiri juga oleh sederet tamu undangan, diantaranya mantan Dirjen Minerba RI (R. Sukhyar), Ketua Komite Bersama KCMI (Chairul Nas), Ketua IAGI (Sukmandaru Prihatmoko), Ketua PERHAPI (Rizal Kasli) dan Dewan Penasehat MGEI serta tak kurang dari 200 orang memenuhi ballroom Hotel Rinra. Tarian pembuka, yaitu Tarian 4 Etnis yang merupakan tarian adat khas Sulawesi Selatan menyuguhkan kesan kearifan lokal.

      Tema yang diangkat sangat menarik dan sesuai dengan iklim eksplorasi mineral Indonesia saat ini, yaitu THE SOUTHWEST PACIFIC RESOURCES: HOW INDONESIA SHOULD PLAY A PIVOTAL ROLE. Seperti dikutip dari presentasi Awaludin yang menyatakan bahwa Badan Geologi berperan sebagai penyedia database dan layanan teknikal pendukung dalam eksplorasi nasional. Kata kunci lain dari eksplorasi Indonesia sangat menarik diungkapkan oleh Budi Sadikin selaku Dirut Inalum. “Kita harus optimis untuk terus menemukan cadangan-cadangan baru guna membangkitkan gairah eksplorasi dan didukung support data dari pemerintah (Badan geologi)”.

      Sejumlah keynote speakers dan invited papers yang berasal dari Indonesia dan luar negeri menyampaikan materi beragam yang sangat menarik antusias peserta sehingga tak dapat dipungkiri 2 hari konvensi selalu dipenuhi oleh peserta.

      Pada konvensi tahun ini, MGEI menyelenggarakan beberapa agenda special, diantaranya MGEI Award Lifetime Achievement, Launching Buku 25 tahun Eksplorasi karya Theo van Leeuwen dan Pemilu MGEI 2018.

      MGEI Award Lifetime Achievement diberikan kepada 3 orang tokoh yang berpengaruh dan berdedikasi terhadap dunia mineral ekonomi di Indonesia dan kemajuan MGEI selama ini, yaitu Theo van Leeuwen, Sumardiman Digdowirogo dan Prof. Emmy Suparka.

      Sebagai persembahan khusus di usia ke 10 tahun ini, MGEI meluncurkan buku The Last 25 Years Minex and Discovery in Indonesia yang ditulis oleh salah satu tokoh legendaris Geologi di Indonesia, Theo van Leeuwen. Buku ini selanjutnya akan dicetak dalam jumlah yang besar oleh MGEI agar dapat menjadi referensi para geolog saat ini.

      Tahun 2018 ini merupakan tahun akhir kepengurusan MGEI dibawah komando Arif Zardi Dahlius yang telah mengemban sebagai Ketua MGEI selama 2 periode sejak 2014 silam. Pemilu MGEI 2018 diselenggarakan dengan angin segar, yaitu secara sekaligus untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua MGEI periode 2018-2021 dan diikuti oleh 2 pasangan calon, yaitu Ade Kadarusman – Yoga Suryanegara dan STJ Budi Santoso – Andyono Santoso. Setelah melalui proses kampanye dan debat calon, terpilih  STJ – Dyon sebagai Ketua dan Wakil Ketua MGEI periode 2018-2021 dengan jargonnya Inspiring MGEI. Diharapkan MGEI selalu menjadi lebih baik dan lebih maju dibawah komando Ketua dan Wakil Ketua baru.

      Dedikasi MGEI di dunia pendidikan dalam memajukan benih-benih geolog Indonesia masa depan ditunjukkan dengan cara yang serius, yaitu dengan digelarnya acara Student Research Poster Contest (SRPC). SRPC telah diselenggarakan kesekian kalinya, sebagai kontes poster yang diikuti oleh berbagai mahasiswa dari kampus Geologi dan Teknik Pertambangan di Indonesia. Tahun ini juara 1 diraih oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dan juara 2 Universitas Gadjah Mada (UGM).

      Peristiwa penting lainnya pada kesempatan MGEI 10th Annual Convention ini, dilakukan penandatangan MoU antara MGEI dan EFG (The European Federation Geologist). Kedua asosiasi bersepakat untuk berkolaborasi scientific research dan scientific opportunities yang  diharapkan dapat memberikan benefit untuk anggota masing-masing. Hal ini akan sangat mendukung kemajuan riset bidang mineral khususnya di Indonesia.

      Dua Workshop yang telah diselenggarakan sebagai pre-convention events telah merangkul peserta di area teknikal dan manajerial, yaitu Workshop Mineral Resource Estimation diikuti oleh 20 peserta dengan instruktur konsultan handal dibidangnya, Bosta Pratama (Cube Consulting) dan Denny Wijayanto (Sequent) serta Workshop Management of Mineral Exploration yang berhasil menarik 49 peserta dengan instruktur Nick Franey (NJF Consulting) seorang konsultan ahli manajemen eksplorasi di mancanegara.

      Rangkaian acara telah dilaksanakan dengan lancar dan sukses yang pastinya atas kerja keras dari seluruh panitia, student volunteer dan sponsor. Sponsor tahun ini, yaitu (Platinum) Agincourt; (Gold) Antam, Inalum, Indodrill, J Resources, Archi Indonesia, Freeport Indonesia; (Silver) Sumacorp, Merdeka Copper Gold; (Bronze) Cube Consulting, Newcrest, Geoservices, Olympus, Eksplorasi Nusa Jaya dan (Other Sponsor) Harita Group, Sequent, DNP.

      Pasca perhelatan inti tanggal 5-6 Desember, dilanjutkan dengan post-convention fieldtrip ke PT Vale – Sorowako dan ke Lepanto District – Filipina. Fieldtrip Lepanto ini merupakan kali pertama fieldtrip MGEI go international.

      Demikian kemeriahan MGEI 10th Annual Convention 2018, besar harapan semoga MGEI dapat menyelenggarakan Annual Convention ke-11 dengan jauh lebih baik lagi. Sampai jumpa di MGEI 11th Annual Convention 2019 !

      artikel_mgei_makassar18_ft1

      Gambar 1. Simbolis Pembukaan MGEI 10th Annual Convention oleh M. Awaludin.

      (Irzal Nur, Arif Zardi Dahlius, Sukmandaru Prihatmoko, Muhammad Awaludin)

      artikel_mgei_makassar18_ft2

      Gambar 2. Tarian 4 Etnis khas Sulawesi Selatan

      artikel_mgei_makassar18_ft3

      Gambar 3. Foto peserta MGEI 10th Annual Convention

      artikel_mgei_makassar18_ft4

      Gambar 4. Penyerahan MGEI Award Life Achievement, dalam foto Sumardiman Digdowirogo, Arif  Zardi Dahlius, Prof. Emmy Suparka dan Theo Van Leeuwen.

      artikel_mgei_makassar18_ft5

      Gambar 5. Peluncuran Buku The Last 25 Years Minex and Discovery in Indonesia

      artikel_mgei_makassar18_ft6

      Gambar 6. Penyerahan berita acara Pemilu MGEI 2018 dari Ketua saat ini Arif Zardi Dahlius kepada Ketua dan Wakil Ketua terpilih STJ Budi Santoso – Andyono Santoso

      artikel_mgei_makassar18_ft7

      Gambar 7. Penyerahan hadiah kepada juara SRPC oleh Ketua MGEI

      artikel_mgei_makassar18_ft8

      Gambar 8. Peserta Workshop Mineral Resource Estimation

      artikel_mgei_makassar18_ft9

      Gambar 9. Peserta Workshop Management of Mineral Exploration

      artikel_mgei_makassar18_ft10

      Gambar 10. Panitia dan Student Volunteer MGEI 10th Annual Convention 2018

      (Artikel oleh: Cindi Kamelina / Foto oleh: MGEI 2018)

      Comments

      comments