Javascript anda tidak aktif!
Silahkan aktifkan javascript pada browser anda untuk mengakses website kami, atau ikuti timeline kami atau like halaman facebook kami.
    • Kegiatan MGEI (Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia) Goes to Campus merupakan agenda rutin Pengurus MGEI untuk mengunjungi masyarakat kampus, dalam rangkaian sosialisasi keilmuan geologi pada umumnya dan industri pertambangan pada khususnya. Pada bulan Mei ini, giliran kampus Universitas Negeri Gorontalo mendapat kunjungan dari para ahli geologi pertambangan yang tergabung dalam MGEI untuk membagi pengalaman dan ilmunya.

      Sebagai gambaran awal, Program Studi Geologi UNG berdiri tahun 2009 di bawah Jurusan Fisika, Fakultas MIPA. Jumlah mahasiswa tiga angkatan ini adalah 51 orang. Yang menghadiri sesi kuliah umum pun mahasiswa dari program studi Geologi, Fisika, dan Geografi.

       Suasana Pembukaan Acara MGEI Goes to UNG

      Kuliah Umum

      Kegiatan dibuka oleh Pembantu Rektor III UNG, Dr. Fence Wantu, SH, MH, setelah sebelumnya mendengarkan sambutan dari Ketua MGEI, Ir. Sukmandaru Prihatmoko M.Sc, yang memaparkan keorganisasian MGEI, visi dan program kerja yang sudah dilaksanakan selama ini. Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pertambangan dan Energi Gorontalo.

      Menginjak acara inti hari itu, yaitu kuliah umum yang diisi oleh tujuh anggota MGEI yang berasal dari beragam perusahaan, yaitu:

      1. Tahapan kegiatan eksplorasi mineral, oleh Bambang Heryawan (PT Gorontalo Minerals)
      2. Model deposit emas Epithermal, oleh Hasbi Lubis (PT AGC Indonesia)
      3. Pipa breksi dan diatrema, oleh Sukmandaru Prihatmoko (PT AGC Indonesia)
      4. Deposit porfiri dan pengayaan supergene, oleh Gayuh ND Putranto (PT Gorontalo Minerals)
      5. Prospeksi sedimen sungai, oleh Bronto Sutopo (PT Aneka Tambang)
      6. Aplikasi geofisika dalam eksplorasi mineral, oleh Newwin (PT Bumi Resources Minerals)
      7. Good mining practice, oleh Didik Budi Hatmoko (PT Gorontalo Minerals).

      Sesi Kuliah Umum Geologi

      Sesi diskusi berlangsung menarik, dan diselingi dengan pembagian souvenir dari MGEI untuk penanya dan penjawab pertanyaan dari pemateri. Adanya mahasiswa dari program studi geografi dan fisika membuat jalannya diskusi menjadi berwarna. Acara dipandu langsung oleh Ketua Program Studi Geologi, Ibu Yayu Indriati Arifin, S.Pd, M.Si, dan berlangsung dari jam 9.00 hingga 16.30 WITA. Acara hari pertama ini pun ditutup dengan foto bersama seluruh peserta, panitia, dan anggota MGEI.

       

      Ekskursi

      Agenda hari kedua adalah ekskursi geologi. Acara dimulai lebih awal yaitu 7.00 WITA, untuk briefing singkat dan berfoto bersama di kampus sebelum meninggalkan kampus menuju Desa Limbongo, Kecamatan Suwawa Selatan, Kabupaten Bone Bolango. Perjalanan ditempuh dalam waktu 45 menit, menggunakan 2 minibus dan 4 mobil.

       

      Kegiatan ekskursi praktik “stream sediment sampling”

      Setiba di lokasi, peserta langsung turun ke sungai untuk memulai pengajaran tentang filosofi dasar prospeksi sedimen sungai sebagai langkah awal dari suatu kegiatan eksplorasi lapangan endapan logam, khususnya emas. “Kelas pinggir sungai” ini dipimpin langsung oleh Bronto Sutopo, lalu peserta dibagi menjadi lima kelompok untuk langsung mempraktekkan pengambilan sampel BLEG (Bulk Leach Extractable Gold), menggunakan bak, ember, kantong kain, saringan, dan larutan magnafloc. Para peserta terlihat antusias mengambil endapan lanau-lempung di sepanjang aliran sungai, dan mengumpulkannya sebanyak mungkin di ember mereka. Lalu dengan menggunakan bak dan ember yang lain, mereka mulai mencampurnya dengan air dan melakukan penyaringan berulang untuk didapatkan lumpur berukuran sangat halus dan kemudian dicampurkan larutan magnafloc untuk mempercepat pemisahan material lempung dari suspensi tersebut. Semuanya dipandu oleh anggota-anggota MGEI di setiap kelompok, mulai dari praktik sampai diskusi. Selesai pengambilan sampel, dilakukan evaluasi dan diskusi bersama hingga pukul 12.00, sebelum bertolak kembali ke Kota Gorontalo untuk mengunjungi fasilitas PT Gorontalo Minerals.

       

      Kunjungan ke Perusahaan

      Setiba di Kantor PT Gorontalo Minerals (PT GM), peserta disambut dengan makan siang bersama dan induksi oleh Departemen Health Safety and Environment (HSE). Lalu peserta dibagi menjadi lima kelompok untuk bergantian melihat fasilitas kantor, mulai dari core storage, laboratorium preparasi sampel Intertek, gudang logistik dan ruang kerja, lalu pemaparan aktivitas Departemen HSE di area eksplorasi, dan presentasi aktivitas eksplorasi PT GM, yang dipaparkan langsung oleh General Manager PT GM, Dedy Hendrawan, kepada para mahasiswa dan dosen. Para peserta, termasuk dosen terlihat antusias ketika para geologist PT GM menunjukkan inti batuan yang menjadi target utama eksplorasi PT GM di dua area prospek Proyek Tombulilato, yaitu Prospek Sungai Mak dan Prospek Cabang Kiri.

       Para mahasiswa mengunjungi fasilitas perusahaan PT Gorontalo Minerals

      Acara penutupan dan foto bersama

      Acara ditutup pada pukul 17.00 WITA setelah mendengarkan kesan dan pesan dari perwakilan mahasiswa dan himpunan, serta dari staf pengajar Geologi UNG, yang intinya mereka terkesan dengan rangkaian acara selama dua hari ini dan berharap acara serupa akan kontinu diselenggarakan. Serta dengan adanya program MGEI Goes to UNG ini, terjalin suatu hubungan yang harmonis antara pihak akademis khususnya Program Studi Geologi UNG dengan pihak industri.

      Comments

      comments