Javascript anda tidak aktif!
Silahkan aktifkan javascript pada browser anda untuk mengakses website kami, atau ikuti timeline kami atau like halaman facebook kami.
    • Jakarta, 28 April 2017. Sebagai salah satu rangkaian peringatan Ulang Tahun IAGI ke-57, acara syukuran dan silaturahmi Pengurus dan Anggota IAGI dilaksanakan di Hotel Century Park, Jakarta. Acara berlangsung semarak sekaligus hikmat pada 28 April 2017 lalu. Ulang tahun IAGI yang jatuh pada 13 April, tahun ini diperingati dengan 3 rangkaian acara, yaitu (1) Turnamen Futsal IAGI Cup 2017, (2) Forum Riset Kebumian oleh ISPG (Indonesian Society of Petroleum Geologists), dan (3) Syukuran Ultah IAGI 57.

      Acara ini dihadiri oleh pengurus, sesepuh, dan anggota muda yang berbaur menjadi satu dalam sebuah keakraban. Acara dibuka oleh MC Mellinda Arisandy dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian sambutan oleh Ketua Umum IAGI, Sukmandaru Prihatmoko dengan pidatonya mengenai ahli geologi yang meneliti Indonesia di jaman Belanda hingga jaman kemerdekaan Indonesia. Demikian juga perubahan perjalanan lembaga kegeologian yang ada dari tahun ke tahun. Bendahara Umum IAGI, Asri Dyah Wijayanti juga memberikan ulasan tentang program pengadaan Sekretariat IAGI.  Bapak Purnomo Prijosoesilo (mantan Ketua Umum IAGI) di era 70’an selaku sesepuh IAGI juga memberikan sambutan dengan menularkan semangat kepada para generasi penerusnya. Tak kalah, anggota IAGI termuda yang hadir di acara, Rizky Dwi Renaldy yang merupakan mahasiswa tingkat akhir di Universitas Sriwijaya juga memberikan sambutan tentang rasa terima kasihnya kepada IAGI yang telah memberikan arahan selama dalam mengemban ilmu. Acara pembuka diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua Umum IAGI, yang diberikan simbolis kepada sesepuh dan generasi muda IAGI.

      HUT_IAGI_57_foto1

      Pemberian tumpeng oleh Ketum IAGI kepada Bapak Purnomo Prijosoesilo selaku sesepuh IAGI

      HUT_IAGI_57_foto2

      Pemberian tumpeng oleh Ketum IAGI kepada Rizaldy mewakili generasi muda IAGI

      Acara dilanjutkan dengan ramah tamah yang diiringi oleh lantunan lirik indah dari Musik Bumi persembahan Badan Geologi dan Denatur di bawah arahan Parpar Priatna.

      Hari menjelang sore, Herman Darman memutarkan kisah hidup tokoh geolog jaman Belanda, Van Bemmelen. Acara berlangsung apik dengan komunikasi dua arah dari para penonton dengan Herman Darman, menceritakan sisi lain kehidupan tokoh geologi Indonesia ini.

      HUT_IAGI_57_foto3

      Pemutaran Film Van Bemmelen oleh Herman Darman.

      Acara selanjutnya adalah penyerahan trofi Futsal IAGI Cup 2017 dengan kepada juara turnamen yaitu SM IAGI Universitas Pakuan, Bogor yang merupakan Juara Bertahan Turnamen IAGI Cup ini. Penyerahan dilakukan secara simbolis yang diwakili oleh Nurcholis (Ketua FGMI) mewakili SM IAGI Unpak.

      HUT_IAGI_57_foto4

      Penyerahan Trofi IAGI Cup secara simbolis kepada Juara 1 Turnamen Futsal

      Semakin sore acara semakin meriah dengan presentasi Julianta Panjaitan selaku ketua ISPG mengenai kegiatan Forum Riset ISPG yang juga dilengkapi dengan kegiatan lapangan Carbonate Field Trip di daerah Ciampea, Bogor yang berlangsung pertengahan April 2017. Acara ini meriah dengan diikuti lebih dari 100 peserta.

      Demi menyeimbangkan suasana, Denatur dan Parpar Priatna kembali tampil dengan Musik Buminya menghibur seluruh peserta yang hadir di sore itu, dengan dilengkapi pemutaran video Panorama Bumi Indonesia yang sangat indah.

      Di penghujung acara Nugroho Imam Setiawan (Pengda IAGI DIY/ UGM) yang beberapa waktu lalu aktif pada riset di Antartika turut berbagi pengalaman. Diskusi menjadi semakin asik bersama para peserta mengupas peran geologis Indonesia di kancah dunia, dan juga peran riset-riset ilmu dasar geologi (batuan metamorf) menjadi ilmu yang aplikatif.

      HUT_IAGI_57_foto5

      Presentasi oleh Nugroho I. Setiawan mengenai pengalaman penelitian di Antartika.

      Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Parpar Priatna, dan menyanyikan lagu master peace nya sebagai penutup rangkaian acara. (Argya/ Sekretariat IAGI)

      Comments

      comments