Javascript anda tidak aktif!
Silahkan aktifkan javascript pada browser anda untuk mengakses website kami, atau ikuti timeline kami atau like halaman facebook kami.
    • Pada tanggal 12 dan 14 September 2019 yang lalu, Pengurus Daerah IAGI Sumatera Selatan (Pengda IAGI Sumsel) melaksanakan Seminar Kebumian dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IAGI Sumsel di Grand Atyasa Convention Center Palembang. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari komitmen Pengurus Pusat IAGI dan IAGI Pengda Sumatera Selatan dalam rangka memberikan layanan luas kepada publik berkaitan dengan bidang kebumian dan turut serta mendukung pembangunan berkelanjutan di Provinsi Sumatera Selatan.

      Untuk merealisasikan komitmen tersebut, maka tema yang diusung pada Seminar Kebumian adalah “Geologi Untuk Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sumatera Selatan”. Seminar kebumian dilaksanakan pada tanggal 12 September 2019 dengan mengundang geologist di Sumatera Selatan dan masyarakat non-geologist yang terdiri atas aparatur lembaga/instansi pemerintah, non government organizations, jurnalis media massa, komunitas/pegiat lingkungan dan sumberdaya alam, mahasiswa, serta guru dan peserta didik SMA di Sumatera Selatan. Hal ini bertujuan untuk memaparkan kepada masyarakat mengenai peran geologi dalam berbagai aspek pembangunan dan kesejahteraan daerah yang selama ini belum banyak diketahui oleh publik.

      Seminar Kebumian tersebut dibuka secara langsung oleh Sekretaris Jenderal PP IAGI (Dwandari Ralanarko), serta menghadirkan 5 (lima) narasumber yang merepresentasikan unsur pemerintah, badan usaha, akademisi, dan organisasi keprofesian. Narasumber tersebut adalah Hendriansyah, S.T., M.Si. (Kepala Bidang Pengusahaan Minerba Dinas ESDM Sumsel), Johnson Achmad Paju (Senior Manager Program dan Pelaporan SKK Migas), Joan Caroline Tobing (Manager of Exploration Onshore Medco Energi), Prof. Edy Sutriyono (Guru Besar Teknik Geologi Universitas Sriwijaya), dan Dr. Budhi Kuswan Susilo (Dosen Teknik Geologi Universitas Sriwijaya dan Ketua Pengda IAGI Sumsel 2015-2018). Berdasarkan ringkasan materi kelima narasumber tersebut, diketahui bahwa ada banyak peran bagi geologist di Sumatera Selatan yang dapat membantu penyelesaian permasalahan geologi di sekitar masyarakat, serta mendukung pengelolaan sumberdaya geologi dan program pembangunan daerah secara bijak dan berwawasan lingkungan.

      Adapun Rakerda IAGI Sumatera Selatan tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 14 September 2019 dengan mengusung tema “Konsolidasi dan Rencana Aksi IAGI Sumatera Selatan”. Rapat Kerja Daerah ini dibuka oleh Dwandari Ralanarko (Sekretaris Jenderal PP IAGI) dan diikuti oleh para geolog yang berasal dari Sumatera Selatan maupun sedang bertugas di Sumatera Selatan dengan latar profesi yang meliputi praktisi perusahaan di bidang energi dan non-energi (pertambangan mineral logam, non-logam, maupun bahan galian), birokrat di lembaga pemerintah, peneliti dan akademisi, serta pengusaha di bidang kebumian.

      Agenda Rakerda IAGI Sumsel terdiri atas pemilihan dan pelantikan struktural Pengda IAGI Sumsel, serta penyusunan program kerja periode 2019-2022. Berdasarkan hasil pemungutan suara, Ketua Pengda IAGI Sumsel Periode 2019-2022 terpilih adalah Bapak Piter Haryanto yang merupakan birokrat di Dinas ESDM Provinsi Sumatera Selatan. Struktural Pengda IAGI Sumatera Selatan yang telah terbentuk pun langsung dilantik secara resmi oleh Sekretaris Jenderal PP IAGI, Dwandari Ralanarko.

      Pengda IAGI Sumsel Periode 2019-2022 mengusung visi Memasyarakatkan Ilmu Kebumian di Segala Aspek Kehidupan, dan memiliki lima program kerja unggulan, di antaranya; Program Sigap (sistem pendataan dan pemberdayaan anggota Pengda IAGI Sumsel), Program S-E-K (sosialisasi dan edukasi kebumian), Program Geologist Menyapa (berbaur dengan masyarakat sembari diseminasi informasi kebumian, misalnya : Geo-Walk/Run/Bike), Program Profesi (sharing knowledge untuk pengembangan kompetensi dan profesionalitas), Program Geo-Gaul (portal teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan koordinasi kerja dan diseminasi informasi kegeologian kepada masyarakat), dan Program Kolaborasi (kerjasama dengan segenap pemangku kepentingan yang berkaitan dengan kegeologian).

      Dengan adanya Seminar Kebumian dan Rapat Kerja Daerah IAGI Sumsel tersebut, diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi Pengda IAGI Sumsel untuk dapat memberikan manfaat ilmu kebumian bagi Sumatera Selatan pada khususnya serta Indonesia pada umumnya. (Dwandari Ralanarko & Adin/Biro Media Internal IAGI)

       WhatsApp Image 2019-09-15 at 07.38.12(1)

      Foto 1 : Sertijab dari Ketua Pengda IAGI SUMSEL dari Budhi Kuswan Susilo (kanan) kepada Piter Haryanto disaksikan (kirir) oleh Sekjen PP-IAGI, Dwandari Ralanarko (tengah)

      WhatsApp Image 2019-09-15 at 07.38.12

      Foto 2: Peserta seminar

      WhatsApp Image 2019-09-15 at 07.38.13

      Foto 3 : Peserta Rakerda Pengda IAGI Sumsel

      Comments

      comments