Javascript anda tidak aktif!
Silahkan aktifkan javascript pada browser anda untuk mengakses website kami, atau ikuti timeline kami atau like halaman facebook kami.
  • Monthly Archives: August 2017

    mosaic 2days ft3

    MOZAIC PERJALANAN 2 HARI: SMELTER TEMBAGA GRESIK DAN LUMPUR SIDOARJO

    Surabaya, 11-12 Agustus 2017. Walaupun tugas geolog pada sekuen pengelolaan sumberdaya kebumian lebih banyak berada di bagian hulu (eksplorasi), namun pemahaman bagian hilir termasuk pemrosesan bijih/ konsentrat tembaga sangat diperlukan. Kunjungan PP-IAGI ke fasilitas smelter tembaga PT Smelting Indonesia (11 Agustus 2017) dimaksudkan untuk itu. Pernak-pernik proses peleburan dan pemurnian konsentrat tembaga yg sebagian besar dari tambang PT Freeport Indonesia di Papua dijelaskan dan ditunjukkan secara transparan oleh PT Smelting Indonesia. Termasuk pula bentuk produk akhir berupa katoda tembaga, serta sisa lumpur anoda dikemanakan. Produk akhir dari pemrosesan adalah katoda tembaga, asam sulfat, terak tembaga, gipsum dan lumpur anoda. Yang menarik adalah produk asam sulfat lansung dialirkan melalui pipa saluran ke pabrik pupuk yang lokasinya bersebelahan dengan PT Smelting.

    Lumpur Sidoarjo (Lusi) masih menyisakan masalah sejak meletus pada 2006. Kunjungan PP-IAGI ke kantor PPLS (Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo) disambut sangat baik oleh Kepala PPLS dan jajarannya. Rencana menjadikan Lusi sebagai geopark didorong lagi pada pertemuan tersebut. Ini akan menjadi kerja besar semua pihak, bagaimana mendayagunakan Lusi untuk kemanfaatan bersama. Pada 12 Agustus, tim juga mengunjungi lokasi Lusi dan spot-spot menarik lain (geosite) dalam rangka persiapan pengorganisasian “field trip” terkait dengan acara JCM (IAGI-HAGI-IAFMI-IATMI) akhir September nanti.

    Dua perjalanan tersebut menjadi agenda PP-IAGI selama 2 hari terakhir. Tim IAGI terdiri dari PP-IAGI (Sukmandaru Prihatmoko), Pengda Jatim (Handoko Teguh Wibowo, Soffian Hadi, Hendra) MGEI (Arif Zardi Dahlius), MAGI (Heryadi Rachmat). Terima kasih disampaikan kepada Kepala PPLS (Dwi Sugiyanto) dan jajarannya serta PT Smelting Indonesia (Bouman Sembiring). (Biro Media IAGI)

    mosaic 2days ft1
    Pertemuan dengan Kepala PPLS dan jajarannya

    mosaic 2days ft2
    Foto bersama dengan PPLS

    mosaic 2days ft3
    Momento dari IAGI untuk PPLS

    mosaic 2days ft4
    “Di atas” Lusi

    mosaic 2days ft5
    Di depan museum “embryo” Geopark Lusi

    mosaic 2days ft5a
    Di etalase PT Smelting Indonesia

    mosaic 2days ft6
    Produk akhir berupa katoda tembaga

    mosaic 2days ft7
    Peleburan tembaga

    Inisiasi Geopark Banten 20170808 ft2

    INISIASI GEOPARK BANTEN

    Serang, 8 Agustus 2017. Keunikan dan keragaman kondisi geologi wilayah Banten dapat dijadikan modal dasar untuk mengusulkannya menjadi “geopark”. Topik ini dibahas pada pertemuan Dinas ESDM Propinsi Banten dengan para pegiat geowisata dari berbagai latar belakang di kantor Dinas ESDM Banten pagi tadi.

    Pertemuan yang dibuka oleh Kepala Dinas ESDM, Eko Palmadi, mewakili Gubernur Banten, dihadiri oleh pakar geowisata Badan Geologi, Heryadi Rachmat (yang juga mewakili Masyarakat Geowisata Indonesia), Oki Oktariadi, Aris Kusworo, serta Ketua Umum IAGI (Sukmandaru Prihatmoko), Prodi Geologi, Univ. Indonesia (Reza), Prodi Geologi Univ Trisakti (Edi) dan aktivist Swa UI. Wilayah Banten secara geologi mewarisi kunikan keragaman tersendiri mulai dari produk volkanik/ magmatismenya, berseraknya “silicified wood” di beberapa formasi batuan, bentang alam eksotis, hingga peninggalan pengusahaan tambang tua (Cikotok). Itu semua semestinya dapat dikelola menjadi obyek geowisata (geosite) dengan tujuan edukasi, konservasi sekaligus pengusahaan keekonomian lokal.

    Secara umum pada pertemuan ini disepakati paling tidak ada 4 geo-area yang perlu digarap, yaitu Bayah, Ujung Kulon, Rawadano dan Pulau Sangiang. Masing-masing ditengarai memiliki kekhasan geologi, walaupun masih perlu kajian mendalam. Satu catatan khusus diberikan untuk keberadaan “silicified wood” sebagai salah satu obyek andalan bagi embryo Geopark Banten. (Biro Media IAGI)

    Inisiasi Geopark Banten 20170808 ft1
    Pemaparan inisiasi Geopark Banten oleh Heryadi Rachmat (BG/ MAGI-IAGI)

    Inisiasi Geopark Banten 20170808 ft2
    Foto bersama “inisiator” Geopark Banten

    Inisiasi Geopark Banten 20170808 ft3
    Pak Heryadi Rachmat (BG/ MAGI-IAGI) “in action”

    Balon IAGI-1 2017

    PEMILU IAGI 2017

    Setelah proses pendaftaran yang KPU buka selama 1 bulan (+perpanjangan 1 minggu), pada akhirnya kami mendapatkan 2 nama Calon Ketua Umum IAGI 2017-2020. Kedua nama ini sudah melengkapi semua persyaratan yang diberikan, dan lolos verifikasi.

    Untuk itu, dengan bangga kami umumkan 2 nama Calon Ketua Umum IAGI 2017-2020, yaitu:

    1. Bpk. Sukmandaru Prihatmoko (NPA: 1380)
    2. Bpk. Edward Syafron (NPA: 2817)

    Nomor urut kami tetapkan berdasarkan urutan berkas pendaftaran yang masuk ke KPU.

    Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada Bpk. Sukmandaru dan Bpk. Edward karena selalu kooperatif dengan Tim KPU dalam melengkapi semua persyaratannya tepat waktu. Terimakasih juga untuk semua anggota IAGI yang telah berpartisipasi aktif memberikan dukungan tandatangan kepada kedua orang calon tersebut.

    Balon IAGI-1 2017

    Dengan demikian, maka masa kampanye untuk kedua calon ketua umum IAGI dibuka mulai dari hari ini (31 Juli 2017) hingga tanggal 27 September 2017. Silahkan tim sukses kedua calon berkampanye secara sehat, aktif, kreatif, dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas.

    Salam hormat kami,

    Aveliansyah

    Ketua KPU IAGI 2017